Cara Install Composer di PHP (XAMPP)

Cara Install Composer di PHP (XAMPP)
Daftar Isi Artikel
Pada tutorial kali ini Code Tani Akan Membahas Bagai Mana Cara Install Composer di PHP  khusunya di sistem operasi windows, sebelumnya kita akan belajar dan berkenalan tentang Composer jadi di sini akan dijelaskan pengertian composer, kegunaan composer , menginstall composer.

Pengertian Composer

Composer adalah dependency manager pada PHP yang dibuat dan dikembangkan oleh Jordi Boggiano dan Nils Adermann yang dikembangkan secara Open Source sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. 

dependency sendiri jika diartikan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah ketergantungan. ketergantungan yang dimaksudkan misalnya project PHP yang kita kerjakan memerlukan beberapa library dari luar khusunya dari packagist.org.

Packagist.org merupakan situs yang menyimpan banyak sekali library PHP yang bisa kita gunakan untuk projek kita dengan cara menghubungkannya atau mengambilnya menggunakan composer. Jadi jika teman-teman ingin membuat library PHP agar bisa digunakan oleh programmer atau developer lain di luar sana, teman-teman bisa mengupload library yang ingin teman-teman bagikan itu ke packagist.org. nanti programmer atau developer di luar sana bisa dengan mudah menggunakan library yang teman-teman buat dengan cara mendownloadnya menggunakan composer.

Apa Kegunaan Composer


Sebelum masuk ke Cara Install Composer, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa saja kegunaan dari composer, sehingga banyak programmer ataupun developer di luar sana sudah menggunakan composer untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan mereka.

Sebenarnya di bagian atas secara tidak sengaja sudah dijelaskan kegunaan dasar dari composer. jadi intinya dengan menggunakan composer kita bisa mendownload dan mendeklarasikan library dari packagist.org ke dalam project aplikasi yang sedang kita kerjakan.


Cara Install Composer di Windows

Di sini kita sumua akan menginstall Composer yang terdiri dari 6 langkah, yaitu:
  1. Download File Composer
  2. Install Composer
  3. Tentukan Lokasi File Instalasi
  4. Review Perubahan Instalasi
  5. Instalasi Selesai
  6. Cek Instalasi Composer
Kami akan menjelaskan langkah-langkah tersebut satu per satu di bawah ini: 

1. Download File Composer

Sebelum melakukan instalasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh file Composer.  Buka link di sini untuk mengunduh file tersebut.

2.Install Composer

Setelah selesai download file Composer, buka file tersebut dan ikuti instruksi instalasi di bawah ini:

Pertama akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini. Klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi.

3.Tentukan Lokasi File Instalasi

Selanjutnya Anda akan diminta untuk menentukan lokasi file php (php.exe) yang akan digunakan pada command line (PHP CLI- Command Line Interface).

File tersebut biasanya berada di dalam folder php. Jika Anda menggunakan XAMPP, lokasi file ini akan berada di C:\xampp\php. Pastikan pilih lokasi instalasi Composer berjalan di C:\xampp\php\php.exe. Klik Next apabila lokasi file php sudah benar.



4.Riview Perubahan Instalasi

Berikutnya adalah tampilan pemberitahuan bahwa telah terjadi perubahan pada Windows environment. Perubahan ini dimaksudkan agar Composer dapat dijalankan pada Command Prompt.

5.Instalasi Selesai 

Proses instalasi selesai, klik Finish untuk menutup jendela instalasi Composer.

6.Cek Instalasi Composer

Setelah proses instalasi Composer selesai, langkah selanjutnya adalah cek instalasi Composer menggunakan Command Prompt. Caranya adalah Tekan Win+R lalu ketik cmd dan klik Ok.


Maka Anda akan diarahkan ke jendela Command Prompt masukkan perintah seperti di bawah ini untuk mengecek instalasi sukses atau tidak.

Apabila muncul seperti gambar di atas, instalasi Anda berhasil.


Demikian cara install Composer Laravel di Windows. Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Ini Link
By Ini Link

Surat Al-Hujurat ayat 6 : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ "Wahai orang-orang yang beriman, jika datang seorang yang fasik kepadamu membawa berita, maka tangguhkanlah (hingga kamu mengetahui kebenarannya) agar tidak menyebabkan kaum berada dalam kebodohan (kehancuran) sehingga kamu menyesal terhadap apa yang kamu lakukan".

Subscribe

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>